Setu Babakan, Danau Warisan Budaya Betawi

Danau Setu babakan adalah sebuah danau buatan yang dijadikan tempat wisata oleh warga setempat. Sebenarnya fungsi utama dari danau ini bukanlah untuk destinasi wisata. Pada awal pembangunanya, danau ini berfungsi sebagai penampung air resapan.

Seiring berjalannya waktu, danau ini kemudian berfungsi sebagai pusat pelestarian warisan budaya Jakarta yang umum disebut dengan perkampungan Budaya Betawi dan juga tempat wisata.

Perkampungan Budaya Betawi ini pertama kali diresmikan oleh Bapak Sutiyoso yang pada saat itu menjabat sebagai Gubernur, yaitu pada tanggal 18 agustus tahun 2000.

Air di dalam danau Setu Babakan berasal dari Sungai Ciliwung, danau ini memiliki kedalaman 1 hingga 5 meter dengan luas 30 hektar.

Harga Tiket Perorang Danau Setu Babakan


Di sekeliling danau dapat dijumpai berbagai macam tanaman dan tumbuhan buah buahan. Tanaman dan buah yang ditanam disekeliling danau ini sangat beragam, antara lain Rambutan, Mangga, Pandan, Palem, Jamblang, Melinjo, Kecapi, Jambu, Krendang, Nam-nam, Guni, Cimpedak, Nangka, Jengkol dll.

Ada satu wahana yang unik di danau ini, yaitu perahu Angsa. Perahu Angsa adalah perahu dengan bentuk replika seekor Angsa atau Bebek. Nah, perahu ini disewakan untuk wisatawan yang ingin berkeliling di tengah danau. Perahu ini bisa digunakan berdua secara berpasangan.

Jadi apabila datang ke tempat ini bersama pasangan maupun keluarga, sangat rugi apabila kamu tidak mencoba naik perahu Angsa ke tengah Danau. Harga sewa perahu Angsa ini relatif murah, yaitu hanya berkisar Rp. 5.000 per orang.

Note: Harga tersebut dapat berubah sewaktu waktu

Harga Sewa Perahu Angsa Danau Setu Babakan


Harga Sewa Perahu Angsa Danau Setu Babakan tidak terlalu mahal, sama dengan harga tiketnya, dan sewaktu-waktu bisa berubah. Namun, harga sewanya bisa terbayar karena indahnya.

Fasilitas di Danau Setu Babakan

Di sekitar danau juga banyak penjual yang menawarkan berbagai macam makanan dan minuman. Makanan yang umum di jajakan di danau Setu Babakan yaitu makanan khas betawi diantaranya Arum Manis, Kerak Telor, Toge Goreng, Nasi Uduk, Rujak Bebek, Nasi Ulam, dll. Sedangkan minuman yang umum di jajakan di Setu Babakan yaitu Bir Pletok, Es Potong, Es Duren, dll.

Diantara berbagai macam makanan tersebut,Oleh – oleh yang paling favorit di Danau Setu Babakan adalah Dodol Betawi. Makanan yang proses pembuatanya memakan waktu hingga 8 jam ini memiliki 3 rasa orisinil yaitu ketan putih, ketan hitam dan durian. Meskipun bahan baku nya sederhana yaitu ketan, gula merah, gula pasir dan santan tapi rasanya sangat enak.
Danau Setu Babakan, Penyejuk Hiruk Pikuk Ibu Kota Danau Setu Babakan, Penyejuk Hiruk Pikuk Ibu Kota Danau Setu Babakan, Penyejuk Hiruk Pikuk Ibu Kota

Rumah adat Betawi di Danau Setu Babakan


Mengingat kepadatan Kota Jakarta yang sesak dipenuhi dengan gedung gedung tinggi, jumlah penduduk, dan kepadatan kendaraan, Danau ini hadir sebagai penyegar bagi mereka yang ingin bersantai ria dengan alam.

Setiap wisatawan yang hendak berkunjung ke Danau Setu Babakan berkesempatan untuk menyaksikan Budaya Betawi di kampung Babakan. Berawal dari pintu gerbang masuk menuju danau, wisatawan dapat melihat rumah adat Betawi di kiri kanan sepanjang jalan menuju danau.

Ciri khas rumah adat Betawi yaitu adanya hiasan di bagian atap rumah, dan di bagian depan terdapat teras keluarga yang sederhana. Salah satu manfaat teras keluarga di rumah adat betawi adalah menjaga keharmonisan hubungan antar anggota keluarga.

Selain menyaksikan Rumah Adat Betawi setiap wisatawan juga akan disambut dengan pertunjukan budaya yang dibawakan oleh penduduk setempat, budaya Betawi tentunya. Pertunjukan yang dapat disaksikan ketika berjalan menuju danau antara lain Tanjidor, Lenong, dan Ondel ondel.
Danau Setu Babakan, Penyejuk Hiruk Pikuk Ibu Kota Danau Setu Babakan, Penyejuk Hiruk Pikuk Ibu Kota Danau Setu Babakan, Penyejuk Hiruk Pikuk Ibu Kota Danau Setu Babakan, Penyejuk Hiruk Pikuk Ibu Kota Danau Setu Babakan, Penyejuk Hiruk Pikuk Ibu Kota

Tanjidor adalah sebuah kesenian asli betawi yang beranggotakan beberapa orang. Mereka memainkan berbagai alat musik sehingga menciptakan alunan musik khas betawi.

Tiket Masuk Danau Setu Babakan


Kabar kembira buat anda yang ingin berkunjung ke tempat ini, Karena hingga saat artikel ini ditulis Tiket masuk di Danau Setu Babakan “GRATIS”, hanya cukup membayar biaya parkir saja. Biaya Parkir untuk sepeda motor hanya Rp. 2000 dan biaya parkir untuk mobil Rp. 5000.

Wisata ini dibuka mulai pukul 06.00 pagi hingga pukul 18.00 sore.

Letak Danau Setu Babakan tidak jauh dari pusat Kota Jakarta, yaitu  di perkampungan Betawi, tepatnya di Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, dekat dengan Depok.
Rute Menuju Danau Setu Babakan

Ketika ingin datang ke tempat ini dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Apabila menggunakan bis Kopaja, berikut ini rute nya;

Terminal Pasar Minggu => Cimpedak => Blok M => Gerbang Pitung => Danau Setu Babakan.

Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi kamu bisa melihat lokasi Danau Setu babakan di google maps. Lihat Danau Setu Babakan di Google Map

Bagaimana? Tertarik dengan tempat wisata ini? Silahkan berkunjung dengan keluarga atau ajak kerabat anda. lihat juga tempat wisata di jakarta lainya

Yang Wajib Kamu Kunjungi

Hutan Kota Srengseng

Museum Tengah Kebun

Taman Cattleya

Hutan Kota Tanah Tingal

Allianz Ecopark

Pantai Festival

Kepulauan Seribu

Twin House

JimBARan Outdoor Lounge

Taman Hutan Kota Bekasi

Studio Alam TVRI

Tribeca Park

No comments

ADS

Powered by Blogger.